8. Persahabatan

Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. Makna persahabatan itu sendiri yaitu hadir saat kita membutuhkan, hadir disaat kita suka maupun duka, kemudian menghilang sejenak untuk memberikan kita kesempatan untuk bahagia dan tersenyum.

Kadang persahabatan tidak selalu baik-baik saja. Dalam persahabatan pasti ada yang membuat kita jengkel, namun hal itu yang menguji persahabatan kita. Ada juga kadang memberikan masukan-masukan bodoh hanya untuk membuat kita tertawa. Sahabat juga mereka yang memberikan energi positif yang membuat kita lebih percaya diri ketika seseorang ingin menjatuhkan kita.

Dalam islam Rasulullah shallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Maukah aku tunjukkan pada kalian tentang sesuatu yang derajatnya lebih utama daripada sholat, puasa, sedekah?”
Para sahabat: “Mau, wahai Rasulullah!”
Beliau saw: “Perbaiki pergaulan, karena rusaknya hubungan baik berarti mencukur, aku tidak mengatakan mencukur rambut, tapi mencukur AGAMA”
(HR At-Tirmidzi).

Dalam islam juga menjelaskan ciri-ciri sahabat yang baik yaitu membawa kita ke jalan yang benar, tidak bermuka dua yang dimaksud baik di depan tapi menjelek-jelekkan dibelakang, menyelesaikan permasalahan diantara hubungan persahabatan, tidak mencaci, saling menhgargai, dan selalu melakukan kebaikan.

Leave a comment